Jumat, 31 Mei 2013

PILIH PEPES JAUHI MENGGORENG

…………………….”Ketika ingin memperoleh omega 3 dengan membeli Ikan Salmon yang mahal, jangan harap mendapat menfaat yang besar ketika anda mengolahnya dengan cara digoreng karena dengan menggoreng berarti anda telah membuang lebib 50 % kandungan omega 3”……………………………………..
Peran penting asam lemak omega 3 sudah diketahui dengan jelas , Omega 3 ( DHA & EPA ) sudah sangat terkenal dimasyarakat yakni sebagai bahan penyusun lemak struktural yang membangun 6o% bagian otak manusia. Asam lemak ini merupakan zat gizi penting bagi perkembangan bayi, terutama bagi perkembangan fungsi syaraf dan penglihatan (pembentukan membram retina mata] , peningkatan kekebalan tubuh, penghambatan berbagai jenis kanker,Fosfolida,   Air Susu Ibu (ASI], bahan sperma. Konsumsi omega 3 yang cukup dapat mengurangi risiko aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah) yang sering kali dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan stroke. Penelitian terbaru menunjukkan, diet kaya omega-3 ternyata mampu mengurangi dampak kerusakan otak pascaserangan stroke.
Kesimpulan tersebut berdasarkan hasil penelitian pada tikus yang dipimpin Profesor Jasna Kriz dan Frederic Calon dari Universitas Laval Kanada. Hasil penelitian lainnya Pemberian suplementasi omega-3 diketahui dapat menurunkan kadar trigliserid, meningkatkan HDL (high-density lipoprotein), mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler, dan memiliki  efek anti-inflamasi.
Melihat peran penting yang luar biasa asam lemak omega 3 maka tidak heran saat ini banyak yang mencari sumber-sumber bahan makanan omega 3 agar memperoleh manfaatnya.  Sumber penting bahan makanan yang mengandung omega 3 adalah Ikan laut, Ikan Salmon berat 3oo gr            mengandung 618 mg, Ikan Mackerel       berat 3oo gr       mengandung 594 mg, Ikan Tuna berat        3oo gr   19o mg, Ayam berat  3oo gr         56 mg, Kuning Telur (mentah]    1 butir   mengandung  19 mg omega 3 dan  Telur omega 3  berat  1oo gr            mengandung 1o3o mg omega 3.
Di masyarakat yang menjadi persoalan adalah masih belum disadarinya bahwa cara memasak sangat menentukan kadar omega 3 yang kita konsumsi. Ketika ingin memperoleh omega 3 dengan membeli Ikan Salmon yang mahal, jangan harap mendapat menfaat yang besar ketika anda mengolahnya dengan cara digoreng karena dengan menggoreng berarti anda telah membuang lebib 50 % kandungan omega 3.  Ikan digoreng akan kehilangan DHAdan EPA sekitar 5o%, Ikan pindang kehilangan 3o%, Ikan diasap kehilangan 15 = 25 % dan cara paling baik untuk mempertahankan omega 3 adalah dengan dikukus/di tim contohnya adalah dengan cara di PEPES dengan daun pisang………….Semoga bermanfaat…Salam Sadar Gizi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar